Recent Posts

Reportase Kunjungan Imam Masjid Al Haram ke Masjid Al Salam Hiroshima

Kapan lagi bisa mendengar ceramah dan tilawah Imam Masjid al Haram secara langsung (tatap muka)? Demikian barangkali yang dirasakan oleh hadirin dalam acara Open Lecture yang diisi oleh Syaikh Adil Al Kalbani, salah satu Imam Masjid al-Haram Makkah pada hari Sabtu, 22 Juni 2013 lalu.

Acara yang diselenggarakan oleh HICC pada pukul setengah enam sore tersebut dibuka oleh Presiden HICC brother Indra dan dilanjutkan dengan tilawah oleh brother Rachmad. Direktur HICC Dr. Baseem menyampaikan rasa syukurnya atas ramainya aktivitas keislaman di masjid Al Salam segera setelah masjid tersebut didirikan.

Dalam open lecture ini, Syaikh Adil memberikan ceramah seputar hidayah sebagai nikmat yang luar biasa. Adapun dalam sesi tanya jawab, hadirin berkesempatan untuk menanyakan berbagai topik.

Selesai ceramah dan tanya jawab, acara dilanjutkan dengan sholat Maghrib dan kemudian makan bersama. Satu hal yang menyejukkan adalah syaikh makan bersama-sama perserta dan menyampaikan keinginannya untuk bertatap muka satu persatu dengan semua orang yang datang.

Maka setelah selesai makan, acara dilanjutkan lagi dengan dialog. Semua orang diminta untuk tidak ragu-ragu memberikan pertanyaan serta duduk mendekat kearah beliau karena beliau ingin berinteraksi dengan semuanya. Dalam kesempatan ini, tamu dari kedutaan (belum sempat ditanyakan namanya) juga turut sharing pengalamannya selama berada di Jepang yang telah membuat beberapa orang Jepang kenalannya tertarik terhadap Islam.

Syaikh beserta orang kedutaan tersebut menyampaikan kepada para hadirin agar selama di Jepang menjaga akhlak Islami serta memperluas pergaulan, terutama dengan warga Jepang selaku tuan rumah.

Ada satu hal yang istimewa ketika sesi dialog ini berlangsung, seorang wanita Jepang yang selama ini berminat mempelajari Islam menyatakan niatnya untuk masuk Islam.

Berikut adalah video open lecture dan dokumentasi foto.






























Artikel & foto oleh Iqbal