18 October 2021

Kemah KMIH edisi musim gugur 2021

Perkemahan akhir pekan KMIH edisi kali ini dilaksanakan tanggal 10-11 Oktober 2021 di Ikoinomori Park. Diikuti warga KMIH yang tinggal di Saijo, acara ini meriah dengan berbagai sajian kuliner yang mantap-mantap. Kajian malam tentang "jin" oleh Kang Mantan Presiden Ibadurrahman tidak cukup seram sehingga toh nyatanya semua orang masih bisa tertidur pulas. Hehehe.

Keterbatasan ruang dalam tenda, malam yang dingin tapi 'tidak membunuh', pohon yang rimbun: membuat kehangatan semakin terasa dalam kegiatan kali ini, dalam lingkup fisis-eksotermis, metafisis-mistis, dan juga psikologis. Alam terbuka juga memberikan kesempatan buat ibu-ibu yang biasanya terperangkap pekerjaan domestik di dalam tembok apato, bisa lebih terbuka mengungkapkan perasaan dan mencurahkan afeksi satu sama lain. 

Ada satu agenda tersembunyi yang tidak terlaksana, walau sengaja panitia siapkan tapi tidak dimasukkan dalam daftar acara, yaitu tafakur keluarga. Dulu kami menyebutnya jurit malam. Di mana saat acara ini kita bangun, sholat tahajud bersama kemudian saling bermuhasabah akan banyaknya dosa dan khilaf kita selama ini sebagai manusia dan lalainya kita bersyukur atas segala karunia Alloh SWT. Selain iman, kesehatan, dan keluarga; sahabat-sahabat yang baik dalam perantauan juga sering kita abaikan perannya dalam membentuk jati diri kita sebagai muslim perantauan.

Bentuk acaranya memang agak unik, di mana peserta akan menutup mata, lalu kita merenungi semua kasih sayang Alloh SWT sama kita serta kebaikan-kebaikan orang terdekat kita. Erik akan jadi peraga "jenazah2an" yang terbaring jika diperlukan untuk menambah kekhusukan acara. Namun karena melihat saat tausyah dikasih tema jin pun sudah banyak yg mundur, maka acara tafakur keluarga pun dibatalkan.

Kita harus banyak bersyukur dikelilingi oleh orang-orang baik yang selalu peduli dan perhatian sama kita. Selain suami, istri, dan anak-anak, sahabat muslim di sini semuanya adalah keluarga besar. Betapa sempurna hidup kita, tubuh kita sempurna, kita bisa sholat tenang, makan enak, tidur nyaman, ditambah bonus sahabat-sahabat yang selalu ada di sekitar kita. Banyak rekan-rekan yang tidak seberuntung kita.

Berikut testimoni dari peserta kemah KMIH edisi musim gugur 2021 kali ini:

MasyaAllah, tabarakallah, terima kasih segenap panitia yang luar biasa, dan seluruh peserta yang solid. 24 jam silaturahmi yang sangat berkesan bagi kami. Kompak, rileks, dan penuh dengan aroma kekeluargaan yang kental.

Keakraban yang akan kami kenang selalu. Kenangan yang sangat berkesan, terutama kegiatan hiking yg very challenging (lumayan bikin kaki ngilu). Sebuah ikatan persaudaraan yang sulit dilukiskan. Semoga teman-teman sekalian dimudahkan segala urusannya, di dunia dan akhirat. Meraih impian terbaiknya.

Terakhir, rasanya kegiatan seperti ini perlu sekali dijadikan agenda tahunan. Sekali lagi, jazakumullah teman-teman semua.

--Pak Didik, bapak tiga anak, pakar teknologi pembelajaran, jagoan masak nagi goreng

Rekan-rekan, bapak/ibu peserta kemping. Terima kasih banyak atas partisipasinya dalam kegiatan KMIH kali ini. Sungguh jika satu aja di antara bapak/ibu ada yang tidak hadir, acara tidak akan se-menarik ini. Semuanya memegang peran penting masing-masing, kami hanya fasilitator saja. Kami pula mohon maaf jika masih banyak kekuarangan dalam pelaksanaan kegiatan ini, semata-mata kelalaian kami. Kami sangat berharap masukan untuk kami ke depannya.

Sekali lagi terima kasih, semoga kita semua semakin rukun dan bila nanti di akhirat bisa kemping bareng lagi di surga-Nya Alloh dengan hidangan yang super wah. Aamiin.

--Kang Suhendri, ketua-yang-tidak-mau-dipanggil-ketua KMIH 

Video dokumentasi kegiatan dapat disimak dari tautan ini


0 comments:

Post a Comment